PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Lestari, Seni Indah, 195060108 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran, hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa dan penting diketahui oleh guru agar dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar secara tepat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian berjumlah sebanyak 42 siswa di salah satu SD Negeri Kabupaten Bandung Barat. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes uraian. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan mencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hasil perhitungan uji effect size memperoleh nilai sebesar 1,97 dengan interpretasi kuat (besar). Dengan demikian, model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang kuat (besar) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:42
Last Modified: 13 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65062

Actions (login required)

View Item View Item