Lestari, Seni Indah, 195060108 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER DEPAN.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa dan penting diketahui oleh guru agar dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar secara tepat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian berjumlah sebanyak 42 siswa di salah satu SD Negeri Kabupaten Bandung Barat. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes uraian. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan mencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hasil perhitungan uji effect size memperoleh nilai sebesar 1,97 dengan interpretasi kuat (besar). Dengan demikian, model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang kuat (besar) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:42 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65062 |
Actions (login required)
View Item |