SEPTRIADI, TEDI, 195060094 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di Kelas IV SDN Cimenyan 01 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
9, BAB II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di SDN Cimenyan 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media gambar berseri terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dengan jenis soal pilihan ganda, dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran pelaksanan pembelajaran telah berjalan dengan baik. Selain itu, pengunaan model CIRC berbantuan media gambar berseri juga berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil perolehan nilai rata-rata pretest yang mengalami peningkatan sebesar 61%, nilai rata-rata pretest sebesar 43.93 meningkat menjadi 76.85 pada postest. Perolehan hasil uji hipotesis menunjukan data Independent Sample T Test sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara kelas eskperimen yang menggunakan model CIRC berbantuan media gambar berseri dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemudian hasil uji gain memperoleh indeks gain sebesar 0,6136 dengan nilai effect size sebesar 1,021 pada kategori besar. Berdasarkan hasil dari uji data tersebut dapat disimpulkan bahwa, model CIRC berbantuan media gambar berseri berpengaruh besar terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik di sekolah dasar. Kata Kunci: gambar seri, membaca pemahaman, model CIRC
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:36 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65061 |
Actions (login required)
View Item |