PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Rahmawati, Milda, 195060053 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Rahayu 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Sehingga siswa mampu untuk menyelesaikan permasalahan matematika itu sendiri, serta mampu melihat bahwa konsep matematika itu memiliki hubungan erat dengan bidang ilmu lain serta memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Populasi yang digunakan dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas IV SDN Rahayu 01 sebanyak 40 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IV A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep matematis sebesar 0,74 atau 74,07% dan jika dilihat dari rata-rata hasil test awal dan akhir terdapat peningkatan dari 50,00% menjadi 85,00%. Sedangkan pada kelas kontrol nilai sebesar 0,58 atau 58,20% dan jika dilihat dari nilai rata-rata hasil test awal dan akhir terdapat peningkatan dari 40% menjadi 74,00%. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:02
Last Modified: 11 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65049

Actions (login required)

View Item View Item