PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di SDIT ASSAIDIYYAH )

ABHISTA, CHYNTIA, 195060069 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di SDIT ASSAIDIYYAH ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kela I SDIT Assaidiyyah Bandung yaitu kelas IB sebagai kelas kontrol dan kelas IC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah tes dan observasi. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis dengan uji non parametric dengan bantuan aplikasi SPSS 26, dan didapati hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 dan dilakukan juga uji Gain Ternormalisasi dengan peningkatan 78% yang berkategori tinggi, serta uji effect size yang mendapatkan hasil sebesar 1,79 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media kartu huruf lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Tipe Picture and picture, membaca permulaan, kartu huruf

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:20
Last Modified: 11 Sep 2023 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65046

Actions (login required)

View Item View Item