PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Hikmatusolihat, Windy Alifia, 195040034 (2023) PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KAVER.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami peserta didik. Hal ini karena sebagian besar materi pembelajaran Biologi bersifat abstrak (sulit diinderakan) dan memerlukan alat bantu untuk mempelajarinya (seperti mikroskop, lup, dan peralatan laboratorium lainnya). Pendekatan Kuantitatif dan Metode Pre-Eksperimen digunakan oleh peneliti di penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X 7 SMA Negeri 1 Ciasem yang berjumlah 36 orang Sampel ini diambil melalui teknik Purposive Sampling berdasarkan beberapa pertimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Blended Learning berbasis TPACK mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Bioteknologi dengan Gain rata-rata 42,63 dan didominasi oleh kategori peningkatan tinggi (0,73 ≤ N-Gain ≤ 1). Bagi pembaca yang akan melakukan penelitian dengan metode blended learning, diharapkan lebih mempersiapkan apa saja yang harus di lakukan pada saat pembelajaran synchronous dan asynchronous. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, TPACK, Blended Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:19
Last Modified: 11 Sep 2023 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65043

Actions (login required)

View Item View Item