MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH MELALUI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK

RAHMAWATI, DIANA, 195040094 (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH MELALUI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik mengembangkan kemampuan analitis dalam penguasaan pokok materi Sistem Kekebalan Tubuh dalam konteks pelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif yang dikembangakan dengan aplikasi Articulate Storyline sebagai komponen TPACK terhadap kemampuan analisis peserta didik pada materi Sistem Kekebalan Tubuh. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI MIPA 4 di SMA Pasundan 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis peserta didik mengalami peningkatan, kategori N-Gain yang diperoleh didominasi kategori tinggi (0,70 ≤ N-Gain ≤ 1,00) sebanyak 27 peserta didik (90%). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan analisis peserta didik mengalami peningkatan setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif yang dikembangkan dengan aplikasi Articulate Storyline sebagai komponen TPACK pada materi sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyiapkan media pembelajaran dengan matang dan menguasai kerangka kerja TPACK sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya. Kata Kunci : Kemampuan Analisis, Multimedia Interaktif, TPACK

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:00
Last Modified: 11 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65040

Actions (login required)

View Item View Item