PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF YANG DIKEMBANGKAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

MUSHAFQZAMAN, ZALZABILLA SAPPHIRA, 195040096 (2023) PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF YANG DIKEMBANGKAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik mengembangkann kemampuan berpikir analitis dalam penguasaan pokok materi Sistem Reproduksi dalam konteks pembelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem reproduksi dengan memanfaatkan multimedia interaktif yang dikembangkan dengan articulate storyline sebagai komponen TPACK. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu XI MIPA SMA Pasundan 1 Bandung dengan sampel yang digunakan kelas XI MIPA yang diambil secara Purposive. Berdasarkan data penelitian, setelah proses pembelajaran hasil posttest meningkat dengan menunjukan nilai rata-rata 93,50 dan N-gain didominasi kategori tinggi sebesar 96%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan multimedia interaktif yang dikembangkan dengan Articulate Storyline sebagai komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan analisis pada materi sistem reproduksi dan mendapat respon yang baik oleh peserta didik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya, perlu dipertimbangkan perancangan dan waktu pembuatan multimedia interaktif yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kata Kunci : Kemampuan Analisis, Multimedia Interaktif, dan TPACK.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:13
Last Modified: 11 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65037

Actions (login required)

View Item View Item