PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur Pembelajaran Tematik Tahun Ajaran 2022/2023)

DINAH, AULIA JELIA, 195060083 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur Pembelajaran Tematik Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tercapainya hasil belajar peserta didik dikarenakan proses pembelajaran yang kurang memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif untuk merangsang pemahaman peserta didik serta guru masih menggunakan metode konvensional pada saat pembelajaran hal ini membuat peserta didik kurang memahami materi yang di ajarkan sehingga membuat rendahnya hasil belajar peserta didik dan belum tercapainya hasil belajar yang sesuai dengan yang di harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Desigen) tipe Nonequivalent control group desigen. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V B yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V A berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling Nonprobability Sampling jenis Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data yaitu uji-t dan uji effect size. Data posttest pada kelas eksperimen di uji hipotesis mengunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. kemudian diuji menggunakan uji effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji independent sample t-test dilihat dari Equal variances assumed diperoleh nilai signitifikan (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dikatakan dalam penelitian ini terdapat pengaruh skor posttest pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan pada hasil akhir perhitungan menggunakan uji effect size diketahui nilai akhirnya sebesar 2,30. Dapat diartikan peneliti bahwa terdapat pengaruh signigtifan dari media pembelajaran wordwall terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: Media Pembelajaran Wordwall. Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:53
Last Modified: 11 Sep 2023 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65030

Actions (login required)

View Item View Item