PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022-2023 (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS)

FAHRUNISSA, DELIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022-2023 (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah menerapkan model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen di SMA Pasundan 1 Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes berupa pretest posttest, dan dokumentasi. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Data yang telah dikumpulkan menggunakan instrumen tersebut dianalisis menggunakan teknik statistika dengan bantuan Microsoft Excel dan IBM SPSS version 25.0 for windows. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penerapan model Problem Based Learning (X) dan variabel depeden (terikat) (Y) yaitu kemampuan pemecahan masalah (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning dengan diperoleh nilai rata-rata siswa pada pretest sebesar 63,671 dan posttest sebesar 88,046. Peningkatan tersebut juga diuji menggunakan Uji N-Gain dengan hasil rata-rata 0,687 atau 68,69% termasuk kriteria N-Gain sedang. Hal ini dibuktikan melalui Uji Paired Samples T-Test memperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 dengan hipotesis terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning. Sebagai akhir penelitian saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolah adalah diharapkan dapat memberikan pengarahan dan dukungan kepada guru di sekolah untuk dapat mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning. Bagi guru diharapkan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat digunakan dan dikembangkan kembali. Bagi siswa, diharapkan agar lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah, kelas, atau pada mata pelajaran yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:05
Last Modified: 08 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65011

Actions (login required)

View Item View Item