PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksprimen Pada Mata Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas XI TKR SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023)

Hidayat, Rafi Aladiyat, 195020047 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksprimen Pada Mata Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas XI TKR SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir ktitis peserta didik pada kelas eksprimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan postest, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut mengunakan studi kuasi eksprimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dimana dari pretest-postest dari Gain dan N-gain kelas eksprimen yaitu 57,51% dan N-gain 57,18% sedangkan kelas kontrol Gain sebesar 42,21% dan N-gain sebesar 41,67%. Maka dapat disimpulkan model yang lebih efektif adalah model pembelajaran berbasis masalah karena lebih meningkat dalam berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:42
Last Modified: 07 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64995

Actions (login required)

View Item View Item