PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE DI KELAS VIII SMP BIMASENA SCHOOL

SACHINTANIA, INE, 195030048 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE DI KELAS VIII SMP BIMASENA SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline di Kelas VIII SMP Bimasena School; (2) bagaimana pembelajaran menulis teks eksplanasi di Kelas VIII SMP Bimasena School sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline; (3) bagaimana pembelajaran menulis teks eksplanasi di Kelas VIII SMP Bimasena School setelah menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline; (4) perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik di Kelas VIII SMP Bimasena School pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen murni dengan desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline di Kelas VIII SMP Bimasena School dengan memperoleh nilai 3,90 dalam perencanaan, 3,93 dalam pelaksanaan, dan 4,00 dalam menilai pembelajaran dengan kategori sangat baik; (2) nilai peserta didik kelas eksperimen belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sebelum diterapkan model problem based learning berbantuan media articulate storyline, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata maupun rekapitulasi nilai bahwa rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 17,3; (3) nilai peserta didik kelas eksperimen sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan setelah diterapkan model problem based learning berbantuan media articulate storyline, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai ratarata maupun rekapitulasi nilai bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 86,5; (4) kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol setelah mendapatkan perlakuan, hal tersebut dapat dibuktikan dari rekapitulasi pretest dan posttest serta dilihat dari hasil pengujian independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.001 < 0.05. Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan menulis, teks eksplanasi, model problem based learning, media articulate storyline

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:06
Last Modified: 06 Sep 2023 06:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64980

Actions (login required)

View Item View Item