PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 128 HAUR PANCUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023 (Penelitian Quasi eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 128 Haur Pancuh Kota Bandung)

WAHYUNI, KIKI, 195060037 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 128 HAUR PANCUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023 (Penelitian Quasi eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 128 Haur Pancuh Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Asbtrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang maksimal, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat merumuskan masalah, menganalisis argumen, menanyakan dan menjawab pertanyaan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pretest dan posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V-A dan siswa kelas V-B SDN 128 Haur Pancuh yang masing-masing berjumlah 15 orang. Instrument penelitian menggunakan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 24 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 93,8 dan nilai rata-rata kelas konvensional 56,8. Hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning sangatlah berpengaruh, terlihat dari hasil uji N-gain yang telah dilakukan yaitu pembagian skor N-gain atau indeks gain yaitu sebesar 20,4 yang termasuk dalam kategori tinggi dan tafsiran N-gain mencapai 89,2% termasuk dalam kategori peningkatan kemampuan berpikir kritis efektif. Data ini dilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 2,99 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model problem based learning berpengaruh sangat tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:56
Last Modified: 06 Sep 2023 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64971

Actions (login required)

View Item View Item