PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI DANKEBAHASAANDALAM CERITA RAKYAT DAN CERPENDENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASIPESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 BANDUNGTAHUN PELAJARAN 2022/2023

SUHENDI, SAUDIA NURBAITY, 175030040 (2023) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI DANKEBAHASAANDALAM CERITA RAKYAT DAN CERPENDENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASIPESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 BANDUNGTAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam pendidikan abad ke-21, terjadi beberapa perubahan fundamental yangmenuntut peserta didik agar mampu menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Selain kebutuhan pembelajaran yang aktif dan berpusat pada peserta didik, salahsatu perubahan krusial yaitu munculnya kebutuhan terhadap kompetensi pesertadidik dalam kemampuannya berkomunikasi dengan baik. Sementara itu dalamproses belajar mengajar, peserta didik kerap mengalami kesulitan belajar, kehilangan motivasi dan penurunan hasil belajar yang bukan hanya berpengaruhpada kemampuan kognitifnya melainkan berkaitan dengan tidak terasahnyakemampuan komunikasi. Hal tersebut merupakan salah satu dampakdari kekeliruan pemilihan model pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat dapat membuat kegiatan belajar yang efektif, meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Melalui penelitian ini model problem based learning diuji efektivitasnya untukmenigkatkan hasil belajar dan kemampuan berkomunikasi peserta didik. Dalampembelajaran membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dalamcerita rakyat dancerpen model problem based learning yang diberikan kepada kelompokeksperimen akan dibandingkan dengan model direct instruction yang diberikankepada kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaheksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dantes. Data yang dikumpulkan adalah hasil tes dua periode berbeda yakni prates danpascates dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain data tersebut yangmengukur kemampuan membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dalamceritarakyat dan cerpen, adapun data yang berupa nilai kemampuan berkomunikasi peserta didik yang didapatkan melalui observasi kegiatan peserta didik pada saat berdiskusi dan berperesentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kemampuanpeserta didik kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol dengan rata-ratanilai prates 44,0 > 32,7 dan rata-rata nilai pascates 84,4 > 66,2. Begitupunpadapenilaian komunikasi dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 89,1 >68,0. Dibuktikan oleh hasil dari uji mann whitney dengan Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dalamcerita rakyat dan cerpen berorientasi untuk meningkatkan kemampuanberkomunikasi peserta didik kelas X SMKN 2 Bandung. Kata kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, KemampuanBerkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:28
Last Modified: 05 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64957

Actions (login required)

View Item View Item