NALURITA, SILVIA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 17 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning pada kelas eksperimen mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 17 Bandung. (ii) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 17 Bandung. (iii) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 17 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning masih sangat rendah, dilihat dari hasil pretest yaitu dengan skor 34,00 dengan nilai tertinggi 45 dan nilai terendah 25. (ii) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 17 Bandung dalam mata pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran problem based learning. (iii) Penerapan model pembelajaran menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XI IPS SMAN 17 Bandung dalam mata pelajaran ekonomimampu meningkatkan skor hasil belajar, yang sebelum mendapatkan perlakuan dengan nilai sebesar 34,00 yaitu hasil dari kemampuan awal (pretest) dan setelah mendapatkan perlakuan dengan model problem based learning sebesar 79,14 dengan kemampuan akhir (posttest). Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (i) Bagi sekolah, mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas belajar siswa. (ii) Bagi guru, memberikan masukan terhadap pembelajaran ekonomi melalui model problem based learning. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 06:02 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 06:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64875 |
Actions (login required)
View Item |