PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 13 Bogor)

Berliana, Septian Rizki (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 13 Bogor). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial TikTok berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu serta variabel independent yaitu media sosial TikTok dan variabel dependen yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan sampling purposive. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII A, dan VIII B. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara didukung oleh tes evaluasi. Peneliti memproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada saat menggunakan media sosial TikTok memiliki hasil belajar yang sangat baik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan nilai t hitung 9,882 > t tabel 2,035 maka dapat dilihat bahwa penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan nilai R square 0,865 x 100 = yang jika dibulatkan maka hasilnya 87%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 87% pengaruh variabel bebas (pengaruh penggunaan media sosial TikTok) terhadap variabel terikat (hasil belajar peserta didik) serta selebihnya 13% dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Hasil Belajar, Media Sosial, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:33
Last Modified: 30 Aug 2023 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64858

Actions (login required)

View Item View Item