PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG

REZANI, SYABILLA SUCI, 195030050 (2023) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni kesulitan peserta didik tingkat menengah dalam menulis teks persuasif yang disebabkan karena kurangnya pemanfaatan metode dan media sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran teks persuasif dengan menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall pada peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 Bandung. (2) Kemampuan peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 Bandung sebelum menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam pembelajaran menulis teks persuasif. (3) Kemampuan peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 sesudah menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam pembelajaran menulis teks persuasif. (4) Perbedaan kemampuan dalam menulis teks persuasif antara peserta didik yang menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dengan peserta didik yang menerapkan metode think pair share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasif dengan menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall pada peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 Bandung dengan memperoleh nilai sebesar 3,8 dan 3,6 dengan kategori sangat baik. (2) Peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 Bandung belum mampu menulis teks persuasif sebelum menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam proses pembelajaran, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 36,4. (3) Peserta didik Kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung mampu menulis teks persuasif setelah menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam proses pembelajaran dengan rata-rata perolehan nilai posttest sebesar 85,3. (4) Terdapat perbedaan kemampuan peserta didik Kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung dalam pembelajaran menulis teks persuasif dengan menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dibandingkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS). Dilihat dari pengujian mann whitney-u dengan perolehan nilai asymp. Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05. Kata Kunci: keterampilan menulis, media digital wordwall, metode picture and picture, teks persuasif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:51
Last Modified: 28 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64833

Actions (login required)

View Item View Item