MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CRH (COURSE REVIEW HORAY)

RENI PITRIANI, (105060172) (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CRH (COURSE REVIEW HORAY). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
L.PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
L. PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR RENI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB I h. 1-17.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II Hal.18-61.docx

Download (771kB)
[img] Text
BAB III Hal.62-98.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV Hal.99-185.docx
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB V Hal.186-189.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang menganggap mata pelajaran IPS hanya sebagai mata pelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Keadaan tersebut terjadi dikarenakan cara guru yang mengajarkannya secara monoton, cenderung teacher centered serta tidak menggunakan media pembelajaran. Karena itu hasil belajar peserta didik menurun dan banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu penelitian ini diajukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi peristiwa sekitar proklamasi dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay (CRH) sebagai suatu model atau disain pembelajaran untuk menguji pemahaman peserta didik dengan menggunakan strategi games yang mana jika peserta didik mampu menjawab benar maka peserta didik akan berteriak “horay”. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian pada siklus I jumlah nilai yaitu 1757, nilai rata-ratanya yaitu 63, peserta didik yang dapat mencapai KKM hanya 57%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah nilai yaitu 2094, nilai rata-ratanya yaitu 75 serta peserta didik yang mencapai KKM 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Learning tipe CRH (Course Review Horay) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN Sindangsari 2 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung pada Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi. Kata Kunci : hasil belajar, Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 14:36
Last Modified: 27 Jul 2016 14:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item