PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE (Survei Pada Warga RT.07 RW.09 Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Jawa Barat)

SOLEHAH, ANISYAH SITI (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE (Survei Pada Warga RT.07 RW.09 Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini perkembangan digital sangat pesat salah satunya dalam bidang marketplace.Dengan adanya fenomena tersebut masyarakat mulai beralih membeli kebutuhan secara online. Namun, dengan melakukan belanja secara online ini ada dampak negatif yang dirasakan konsumen yaitu, timbul rasa kekecawaan konsumen dalam melakukakan pembelian secara online, salah satu faktor yang mendukung hal tersebut yaitu, barang yang dipesan tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Dengan adanya permasahan tersebut marketplace menyediakan fitur Review dan Rating yang berisikan opini dan penilai yang diberikan oleh konsumen terdahulu.. Pada penelitian ini akan mencari pengaruh online customer review dan online customer rating secara parsial dan simultan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kemudian sampel yang digunakan sebanyak 80 reponden dengan teknik sampling yang digunakan non probility sampling, metode analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Adapun prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa online customer review (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan yaitu rendah dengan nilai R 2 sebesar 0,300. Selanjutnya online customer rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan yaitu rendah dengan nilai R 2 sebesar 0,357. Dan apabila dilihat secara simultan online customer review (X1) dan online customer rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan sedaang dengan nilai R2 sebesar 0,428. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa online customer review (X1) dan online customer rating (X2) memberikan pengaruh bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian, dikarenakan konsumen menganggap online customer review dan online customer rating sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan informasi mengenai produk. Kata Kunci : Online Customer Reiew, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:39
Last Modified: 25 Aug 2023 07:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64805

Actions (login required)

View Item View Item