PENINGKATANKEMAMPUANBERPIKIR KRITISSISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa di Kelas XI SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

ALI, MOCHAMMAD ARIEF RAHMAN, 195020023 (2023) PENINGKATANKEMAMPUANBERPIKIR KRITISSISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa di Kelas XI SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 19 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI E sebagai kelas ekperimen dan XI F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu penggunaan model pembelajaran discovery learning (X) dan variabel dependen yaitu kemampuan berpikir kritis (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil posttest kelas ekperimen yaitu 84,92 sedangkan hasil belajar posttest kelas kontrol yaitu 73,06. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) posttest dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-value sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran discovery learning (X) pada mata pelajaran ekonomi meningkat positif terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 28% pada siswa kelas XI tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 19 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru untuk mempertahankan model pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kepada sekolah diharapkan mampu menyiapkan sarana penunjang pembelajaran. Kepada kepala sekolah baiknya memberikan pengarahan kepada guru untuk mengembangkan model pembelajaran. Kepada siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Kepada peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:52
Last Modified: 25 Aug 2023 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64803

Actions (login required)

View Item View Item