KUSMAYADI, DANDI, 195020045 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 18 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana kondisi lingkungan belajar, tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI-10 pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 18 Bandung, (ii) seberapa besar pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI-10 pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 18 Bandung, (iii) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI-10 pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 18 Bandung, (iv) apakah terdapat pengaruh bersama dari lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI-10 pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 18 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini berjumlah 35 orang siswa serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan: (i) lingkungan belajar didapatkan skor ratarata sebesar 3,99 hal ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar siswa kelas XI-10 di SMAN 18 Bandung “baik”, motivasi belajar didapatkan skor rata-rata sebesar 3,95 hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sudah “baik”ۙ dan hasil belajar siswa didapatkan skor rata-rata sebesar 79,29 yang mana nilai ini berada pada kategori “cukup”, (ii) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,8%, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,8%, (iv) terdapat pengaruh bersama secara positif dan signifikan dari lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,6% sedangkan sisanya 74,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Saran dari penulis adalah sebagai berikut: (i) bagi siswa, tingkatkan hasil belajar dengan membangun motivasi yang baik dari diri sendiri serta memperhatikan kondisi lingkungan belajar dalam menunjang pembelajaran, (ii) bagi sekolah, ciptakan kondisi dan suasana belajar yang baik, serta (iii) bagi peneliti selanjutnya, persiapkan segala hal dalam penelitian guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 07:38 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 07:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64763 |
Actions (login required)
View Item |