PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023)

Nurazizah, Sylvi Nofarizkia, 195020064 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kondisi lingkungan belajar di SMAN 19 Bandung, (2) Bagaimana efektivitas pembelajaran siswa kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung, (3) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kondisi lingkungan belajar di SMAN 19 Bandung berada pada angka 3,948 ratarata jawaban responden berada pada kategori baik. (2) Efektivitas pembelajaran siswa kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung termasuk pada kategori baik dengan memiliki nilai sebesar 4,11. (3) Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas XI Peminatan Ekonomi SMAN 19 Bandung. Hal tersebut ditunjukan dengan besarnya nilai signifikan lingkungan belajar, yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 8,254 > 1,98010 yang memiliki arti bahwa variabel lingkungan belajar (X) berpengaruh terhadap variabel efektivitas pembelajaran siswa (Y) atau dalam kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 36,4% yang dapat diartikan bahwa pengaruh lingkungan belajar terhadap efektivitas pembelajaran siswa adalah sebesar 36,4% sedangkan sisanya 63,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran dari penulis adalah sebagai berikut (1) Bagi sekolah diharapkan dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas lingkungan belajar di SMAN 19 Bandung. (2) Bagi Siswa diharapkan untuk tetap belajar dengan rajin, memahami dan mempelajari materi yang disampaikan oleh guru dengan lebih baik lagi. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan acuan untuk melakukan penelitian yang akan datang. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:07
Last Modified: 22 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64758

Actions (login required)

View Item View Item