PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Puntangsari pada Muatan Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2022/2023)

NURHASANAH, ROSIDAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Puntangsari pada Muatan Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
11. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
12. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Puntangsari dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional, metode tersebut cenderung tidak meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik ketika pembelajaran berlangsung, terlebih lagi siswa yang sering kehilangan ketertarikan sehingga berakibat kurangnya fokus terhadap pembelajaran, guru hanya menyampaikan materi pelajaran dengan cara menuangkan hal-hal yang dianggap penting oleh guru bagi siswa. Cara ini tidak mempertimbangkan apakah bahan pelajaran yang diberikan sesuai atau tidak dengan kesanggupan, kebutuhan dan minat siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran salah satunya menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD terhardap hasil belajar matematika siswa kelas tinggi sekolah dasar di SDN Puntangsari. Metode penelitian yang di gunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain One group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang di gunakan berupa pretest dan posttest yang di jadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) sedangkan kelas IVB menjadi kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji Idependent Sample T test, Uji N-gain, serta uji Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dari hasil belajar matematika siswa dengan model Cooperative Learning tipe STAD dan gambaran proses pembelajaran dari hasil belajar matematika siswa dengan model konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kontrol dengan nilai signifikansi 0,001 melalui uji Idependent Sample T test, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah di beri model Cooperative Learning tipe STAD untuk di kelas ekperimen 58,15% kategori cukup efektif, sedangkan 34% di kelas kontrol dengan katergori tidak efektif melalui uji N-gain. Serta berdasarkan hasil uji effect size diperoleh hasil nilai 3.90 bahwa dari penelitian ini pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa siswa kelas tinggi sekolah dasar. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD memberikan pengaruh besar hasil belajar matematika siswa kelas tinggi IV SDN Puntangsari. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar Matematika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:15
Last Modified: 21 Aug 2023 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64746

Actions (login required)

View Item View Item