PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

SALSABILLA, NADIYA AHSANI, 195050030 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikel nadiya.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal penting dari kemampuan kognitif siswa, sementara itu, Selfconfidence merupakan kemampuan afektif yang menunjang keberhasilan belajar matematika. Akan tetapi, kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence siswa di sekolah masih sangatlah rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 16 Bandung. Teknik analisis data dengan uji perbandingan dua sampel (uji-t) menggunakan program software IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Self-confidence siswa yang model Problem Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:57
Last Modified: 15 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64696

Actions (login required)

View Item View Item