PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SD MATERI PERPINDAHAN KALOR

AFRILIANI, ELVA, 195060009 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SD MATERI PERPINDAHAN KALOR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa sekolah dasar dalam menguasai konsep tertentu terutama dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa, terutama pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental berfokus pada desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Budhi Karya yang berjumlah 54 siswa, dimana kelas VA menjadi kelas eksperimen dan kelas VB menjadi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, yaitu pretest maupun posttest untuk mengukur penguasaan konsep siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen. Kesimpulan ini didasarkan pada uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada skor posttest penguasaan konsep antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai Sig. <0,013 < 0,05. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat diimplemantasikan oleh para guru dan para praktisioner sekolah dasar lainnya di kelas untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap konsep IPA. Kata kunci : Model inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, perpindahan kalor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:15
Last Modified: 11 Aug 2023 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64657

Actions (login required)

View Item View Item