PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING ) BERBANTUAN QUIZIZZ

TRISUCIMARTIDIANA, AZKIA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING ) BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi hal yang tak terpisahkan. Hal ini karena kemampuan tersebut melibatkan siswa dalam pemahaman masalah, perencanaan solusi, penyelesaian masalah, dan interpretasi solusi. Selain itu, juga perlu memiliki rasa percaya diri atau self-confidence supaya memperoleh hasil yang baik dalam proses belajar. Namun realitanya kedua aspek tersebut pada siswa SMP masih rendah, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih baik daripada self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diantaranya kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan quizizz dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris, yaitu uji perbandingan dua kelompok dengan uji-t. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih baik daripada self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran CORE, Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:54
Last Modified: 11 Aug 2023 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64653

Actions (login required)

View Item View Item