TRISUCIMARTIDIANA, AZKIA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING ) BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHN.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (663kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi hal yang tak terpisahkan. Hal ini karena kemampuan tersebut melibatkan siswa dalam pemahaman masalah, perencanaan solusi, penyelesaian masalah, dan interpretasi solusi. Selain itu, juga perlu memiliki rasa percaya diri atau self-confidence supaya memperoleh hasil yang baik dalam proses belajar. Namun realitanya kedua aspek tersebut pada siswa SMP masih rendah, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih baik daripada self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diantaranya kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan quizizz dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris, yaitu uji perbandingan dua kelompok dengan uji-t. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz lebih baik daripada self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan quizizz. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran CORE, Quizizz.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:54 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64653 |
Actions (login required)
View Item |