PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA SMA

SAEPULOH, MUHAMMAD ASEP, 195050044 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Asep S_195050044-Jurnal skripsi.pdf

Download (614kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan serta erat kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk mencapai kesuksesan dalam pelajaran matematika, siswa perlu memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning yang baik. Namun, kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematiks dan Self-Regulated Learning masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah guna meningkatkan efektivitas dan optimalitas kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) SelfRegulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes berupa angket Self-Regulated Learning. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) SelfRegulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning , Model Problem-Based, Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:48
Last Modified: 11 Aug 2023 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64649

Actions (login required)

View Item View Item