PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 116 CICAHEUM BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SDN 116 Cicaheum Bandung)

Andini, Palupi, 195060027 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 116 CICAHEUM BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SDN 116 Cicaheum Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING DAN PENGUJI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru disertai dengan penerapan model pembelajaran yang kurang menarik serta kurangnya penggunaan sarana dan prasana selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning dan mengetahui gambaran proses motivasi belajar siswa kelas V melalui model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B SDN 116 Cicaheum dengan masing masing kelas berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket skala Likert bejumlah 20 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menujukan bahwa nilai rata rata angket kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Nilai rata rata angket kelas eksperimen sebesar 89,07 dan nilai angket kelas kontrol sebesar 67,66. Untuk hasil perhitungan uji data normalitas, nilai signifikansi yang diperoleh pada setiap kelas secara berurutan adalah 0,892 dan 0,202 untuk nilai penyebaran angket pra penelitian dan pasca penelitian kelas eksperimen, sedangkan 0,56 dan 0,973 adalah untuk nilai penyebaran angket pra penelitian dan pasca penelitian kelas kontrol. Selanjutnya, hasil uji data homogenitas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,28 untuk kelas eksperimen dan 0,229 untuk kelas kontrol. Terakhir untuk hasil uji data Independent Sample T Test diperoleh hasil signifikansi angket pasca penelitian sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji data tersebut, dapat didimpulkan bahwa model Discovery Learning ini dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Selain itu, adanya penjelasan mengenai gambaran proses penggunaan model Discovery Learning di kelas eksperimen menjadi salah satu bukti bagaimana motivasi belajar siswa dapat meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberi perlakukan Direct Instruction. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Motivasi Belajar Siswa, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 07:34
Last Modified: 05 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64575

Actions (login required)

View Item View Item