FADILA, RINDA FITRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 CILILIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik kurang mampu mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan suatu masalah, menganalisis, menyimpulkan, dan mengevaluasi permasalahan. Dikarenakan Starategi pembelajaran yang masih teacher center menyebabkan kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Melalui model Inquiry Learning pembelajaran dapat berpusat kepada peserta didik (student center) sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pembelajaran akan lebih menyenangkan bagi peserta didik. Serta dengan bantuan media video animasi dapat membantu proses pembelajaran yang berupa gambar yang bergerak seperti hidup sehingga peserta didik akan lebih tertarik untuk memperhatikan video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperiment. Data yang dikumpulkan dengan Teknik observasi, pretest dan posttest. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dapat menunjukan hasil yang siginiifikan dengan nilai Signifikan (2-tailed) sebesar .000 < 0,05 maka sesuai dengan aturan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dapat dilihat dari hasil perhitungan uji effect size nilai yang diperoleh sebesai 5,83 >1.00. Dengan itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Inquiry Learning berbantuan Video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Cililin. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inquiry Learning, Video Animasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 07:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64573 |
Actions (login required)
View Item |