PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 CILILIN

FADILA, RINDA FITRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 CILILIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik kurang mampu mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan suatu masalah, menganalisis, menyimpulkan, dan mengevaluasi permasalahan. Dikarenakan Starategi pembelajaran yang masih teacher center menyebabkan kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Melalui model Inquiry Learning pembelajaran dapat berpusat kepada peserta didik (student center) sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pembelajaran akan lebih menyenangkan bagi peserta didik. Serta dengan bantuan media video animasi dapat membantu proses pembelajaran yang berupa gambar yang bergerak seperti hidup sehingga peserta didik akan lebih tertarik untuk memperhatikan video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperiment. Data yang dikumpulkan dengan Teknik observasi, pretest dan posttest. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dapat menunjukan hasil yang siginiifikan dengan nilai Signifikan (2-tailed) sebesar .000 < 0,05 maka sesuai dengan aturan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dapat dilihat dari hasil perhitungan uji effect size nilai yang diperoleh sebesai 5,83 >1.00. Dengan itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Inquiry Learning berbantuan Video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Cililin. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inquiry Learning, Video Animasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 07:06
Last Modified: 05 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64573

Actions (login required)

View Item View Item