FITRIANI, NIDA AMELYA AL, 195050048 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel_Nida195050048.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa dinilai masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) mengetahui kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra; 4) mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal uraian kemampuan literasi matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes dan non tes layak digunakan karena telah memenuhi kriteria instrumen yang andal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra; 4) efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis tergolong kategori besar. Kata Kunci: Problem-Based Learning, GeoGebra, Literasi Matematis, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 02:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64568 |
Actions (login required)
View Item |