ARIANI, MEILYA, 195060100 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ialah masih rendahnya kemampuan literasi sains siswa di SDN 151 Sukasenang, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaranya. Pembelajaran yang diperlukan dimasa sekarang ini harus adanya sebuah pengembangan berbantuan teknologi yang relevan dan tidak hanya berpatok pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan literasi sains siswa SD Negeri 151 Sukasenang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental tipe non equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa kelas V A (eksperimen) dan 25 siswa kelas V B (kontrol) SD Negeri 151 Sukasenang. Perlakuan yang diberikan kepada kelas V A (eksperimen) adalah model Discovery Learning berbantuan media audio visual dan perlakuan yang diberikan kepada kelas V B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample t Test , dan uji Paired Sample t Test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini terlihat dari hasil uji Independent Sample t Test dan uji Paired Sample t Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audio visual. Serta terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audio visual Kata Kunci : Model Discovery Learning, Media Audio Visual, Literasi Sains, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64566 |
Actions (login required)
View Item |