PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ SISWA MTs

SA’ADAH, SITI NUR (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ SISWA MTs. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGHESAHAAN.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan berdasarkan tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Proses pembelajaran matematika saat ini cenderung kurang melibatkan keaktifan siswa dalam kelas. Hal tersebut dipandang menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-regulated learning siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui selfregulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Ciamis sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa 7 soal berbentuk uraian dan angket self-regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan selfregulated learning siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Self-Regulated Learning, Discovery Learning, Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:41
Last Modified: 04 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64549

Actions (login required)

View Item View Item