PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Quasi Eksperiment Kelas XI di SMAN 1 PAGADEN)

Oktaviyasari, Widhy Nur, 195010038 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Quasi Eksperiment Kelas XI di SMAN 1 PAGADEN). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas control. Data analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui pretest dan posttest serta kuisioner. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata Posttest kelas Eksperimen sebesar 81.87. Sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil 77.73 dengan tarif signifikan < 0.05 maka dari itu Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (adanya pengaruh) antara rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas control. Lalu pada Tabel 4.27 dengan pernyataan “Hasil belajar PPKn saya meningkat dengan menggunakan PBL” dengan jumlah responden sebanyak 23% menjawab sangat setuju, 67% menjawab setuju, 10% menjawab tidak setuju, dan 0% menjawab sangat tidak setuju. Maka dari itu, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:47
Last Modified: 02 Aug 2023 01:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64503

Actions (login required)

View Item View Item