PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (PENELITIAN SURVEI DI SMA NEGERI 2 SUMEDANG)

NURRAMDHANI, MOHAMMAD, 195010027 (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (PENELITIAN SURVEI DI SMA NEGERI 2 SUMEDANG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan pendekatan kuantitatif serta variabel independen yaitu literasi digital dan variabel dependen yaitu hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 75 sampel. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan t hitung = 6.956 > t tabel 1.665 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa literasidigital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,398 artinya literasi digital memiliki pengaruh 39,8% terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelakaran PPKn sedangkan 60,2% lagi dipengaruhi variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Kata Kunci : Hasil Belajar Peserta Didik, Literasi Digital, Mata Pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:37
Last Modified: 02 Aug 2023 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64501

Actions (login required)

View Item View Item