PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 10 SIJUK

Arsella, Gina Putri, 195060056 (2023) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 10 SIJUK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SDN 10 Sijuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SDN 10 Sijuk. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment Design). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan yaitu menggunakan pre-test dan post-test yang dijadikan untuk data kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan uji-t data nilai post-test dari kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, uji independent sample t test dan uji effect size dengan menggunakan sofware IBM SPSS Statistic 25. Dari perhitungan menggunakan effect size yang sebesar 0,78 bahwa dapat dikategorikan dengan effect size nya besar maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dari perhitungan nilai rata-rata menggunakan analisis effect size berpengaruh besar. Kemudian untuk menguji perbedaan menggunakan uji independent sample t test dan uji paired sample t test menganalisis nilai sig pada data kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, untuk uji independent sample t test nilai t hitung sebesar 7.509 > 2.144 dan mempunyai nilai sig. Sebesar 0.000 (sig < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan secara signifkkan dan untuk uji paired sample t test menganalisis nilai sig pada data kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika tersebut sebesar 0.000 yang (Sig < 0,05) artinya terdapat perbedaan hasil kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:33
Last Modified: 01 Aug 2023 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64488

Actions (login required)

View Item View Item