PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 8 KELAPA KAMPIT

Pransiska, Ennes, 195060012 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 8 KELAPA KAMPIT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa SDN 8 Kelapa Kampit. Penelitian ini menggunaan jenis penelitian quasi eksperimental tipe non equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 8 Kelapa Kampit yang berjumlah 40 siswa dan sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV A ( eksperimen) dan 20 siswa IV B ( kontrol) SDN 8 Kelapa Kampit. Perlakuan yang diberikan pada kelas IV A (eksperimen ) adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional hal itu dapat dilihat dari hasil uji Independent simple t test yang berarti nilai posttest lebih besar dari pada nilai pretest. Kemudian penggunaan model pembelajaran Problem Based learning juga memiliki pengaruh pada kelas eksperimen yang dapat dilihat dari hasil uji effect size dengan nilai sebesar 1,069 dengan interprestasi kategori sangat besar. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:00
Last Modified: 29 Jul 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64435

Actions (login required)

View Item View Item