PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN 151 SUKASENANG BANDUNG

DINANTI, RADEN DEBY CYNTIA, 195060040 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN 151 SUKASENANG BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa di SDN 151 Sukasenang Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN 151 Sukasenang Bandung sebanyak 55 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok, kelas V A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan pada kelas V B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen perlakuan yang di ajarkan yaitu berupa menggunakan model Problem Based Learning. Dalam penelitian ini hasil yang menunjukan bahwa mode Problem Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa di SDN 151 Sukasenang Bandung. Dapat di lihat dengan hasil uji effect size sebesar 1,67 bisa dikatakan mendapatkan nilai yang besar hingga bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar terhadap berpikir kritis pada siswa. Perbedaan ini bisa dilihat dengan hasil uji paired sample t test yang didapatkan nilai t hitung sebesar 6,666 > 2,005 dan memiliki nilai Sig sebesar 0,001 (Sig. < 0,05) dapat dikatakan bisa disimpulkan yang memiliki perbedaan secara siginifikanpada skor hasil yang didapatkan siswa dan dapat di uji independent sample t test yang dapat diperoleh nilai t hitung sebesar 0,666 > 2,005 dan memiliki nilai Sig sebesar 0,758 (Sig, < 0,05) yang dapat dikatakan bahwa bisa disimpulkan memiliki perbedaan secara signifikan pada skor post-test pada pemahaman konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pengaruh terhadap berpikir kritis siswa bisa dilihat dengan hasil pedoman penilaian skor pada kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata 3,75, selanjutnya pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 2,11 yang menunjukan bahwa tidak ada pengaruh terhadap berpikir kritis pada kelas kontrol. Kata Kunci: Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:54
Last Modified: 29 Jul 2023 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64434

Actions (login required)

View Item View Item