INTERAKSI SIMBOLIK GURU PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB ROUDHOTUL ZANNAH

Lohy, Putri Annisa Meilani (2023) INTERAKSI SIMBOLIK GURU PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB ROUDHOTUL ZANNAH. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “INTERAKSI SIMBOLIK GURU PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB ROUDHOTUL ZANNAH”. Dalam kehidupan manusia komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Begitu pula dengan guru serta anak penyandang tunarungu, hal tersebut menjadi suatu hambatan dalam berkomunikasi karena akibat dari gangguan pendengaran yang dialami oleh siswa tunarungu. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi simbolik yang dilakukan oleh guru pada siswa tunarungu yang dianalisis menggunakan teori Interaksi Simbolik dari Herbert Blumer yang memiliki lima konsep yaitu, untuk mengetahui konsep diri, konsep perbuatan, konsep objek, konsep interaksi sosial, dan konsep tindakan bersama. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yaitu observasi, dan wawancara mendalam. Terdapat delapan orang sebagai informan, diantaranya dua informan inti, lima informan pendukung, dan satu informan akademisi. Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin guru pada siswa terbentuk dari konsep diri yang dibuat oleh individu yang bertindak sesuai makna dirinya. Perbuatan yang dilakukan guru pada siswa sesuai kuasa yang dimiliki tanpa adanya intervensi dari orang lain. Guru sudah memahami objek. Interaksi sosial yang dilakukan guru pada siswa dengan membuat serta menggunakan simbol yang memiliki makna. Tindakan bersama yang dilakukan guru pada siswa adalah proses pembelajaran berupa akademik dan non akademik. Hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai penunjang dalam komunikasi ialah dengan membiasakan siswa tunarungu untuk berkomunikasi agar perbendaharaan kata mereka selalu bertambah dan didukung oleh lingkungannya. Kata kunci: Interaksi Simbolik, Komunikasi Interpersonal, Guru pada Siswa Tunarungu, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:01
Last Modified: 10 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64255

Actions (login required)

View Item View Item