ISWANDANA, 185060099 (2023) PENGGUNAAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V (Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kuasi Experimen Design pada Peserta Didik Kelas V SDN Mandiri 3 Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.KAVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
8.BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
9.BAB II.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
10.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis dengan menggunakan model Flipped Classroom. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mandiri 3 Cimahi dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang dalam Literasi dan Nalar Kritis di dalam proses pembelajaran dan hasilbelajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru kurang mengenal beberapa metode dan belum menggunakan Model Flipped Classroom Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Quasi Experimet Desigh dengan menggunakan sistem yang terdiri dari, observasi, wawancara, pretest, postest dan dekumentasi dibantu SPSS 29.0 untuk menghitung data yang didapat.Dengan populasi sebanyak 52 peserta didik. Teknik yang digunakan adalah dengan pengumpulan data Metode tes ini dilakukan sebelum adanya perlakuan/treatment dansetelah diberikan perlakuan/treatment. Untuk mengetahui hasil tes dari penelitian digunakan teknik tanya jawab langsung.tanya jawab adalah metode yang memungkinkanterjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dengan peserta didik. Tanya jawab ini dilakukan oleh guru juga peneliti guna mengetahui data peningkatan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis berdasarkan instrumen penelitian. Setelah itu diambil sample untuk kelas Eksperiment yaitu kelas VA dengan 26 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas control dengan jumlah peserta didik 26 jadi total keseluruhan 52 peserta didik..Berdasarkan hasil Uji Hipotesis, setelah perlakuan terdapat varian data yang layak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Flipped Classroom untuk meningkatkan Membaca Pemahaman danBerpikir Kritis peserta didik kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi. Berdasarkan hasiuji Independent sample T Test di dapat nilai Sig. (2-tailed) atau (Significance Two Side-p) sebesar, 0,001 > 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 81,16 dan kelas kontrolsebesar 72,64. Kata Kunci: Flipped Classroom, Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 04:17 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 04:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64222 |
Actions (login required)
View Item |