PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas IV di Kecamatan Cilaku)

Nurdiansyah, Fajar (2023) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas IV di Kecamatan Cilaku). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
bab iii IV V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah peran orang tua. Peran orang tua pada masa adaptasi kebiasaan baru sangat dibutuhkan dalam memotivasi anaknya untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif jenis survey. Penelitian ini dilaksanakan di 20 sekolah negeri Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Instrumen yang digunakan merupakan angket dengan skala likert. Populasi berjumlah 821 orang tua dan peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang di perlukan sebanyak 274 orang tua dan peserta didik. Teknik analisis data dalam penlitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukan adanya dampak positif yang terjadi antara peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 46,030 dengan nilai signifikansi sebesar 7,258 memiliki nilai lebih besar dari (≥) nilai 0,05. Adapun dampak yang diberikan dari peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada masa adaptaasi kebiasaan baru kelas VI SD di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur sebesar 14,5%. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,145. Berdasarkan hasil penelitian Ho ditolak dan Ha diterima karena memberikan dampak signifikansi dari peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD se-Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Kata kunci: peran orang tua, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 May 2023 07:41
Last Modified: 30 May 2023 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63854

Actions (login required)

View Item View Item