PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD KECAMATAN BOJONGSOANG (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Cipagalo 2, SD Negeri Mulyasari 2, SD Negeri Bojongsoang 2, SD Negeri Bandung Griya Indah, SD Negeri Bojongsari, SD Negeri Sapan 2)

Andini, Dewi, 185060119 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD KECAMATAN BOJONGSOANG (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Cipagalo 2, SD Negeri Mulyasari 2, SD Negeri Bojongsoang 2, SD Negeri Bandung Griya Indah, SD Negeri Bojongsari, SD Negeri Sapan 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan pengalaman KKN di SDN Bojongsoang 2 peneliti menemukan fenomena bahwa saat pembelajaran daring pada pandemi covid 19 saat kegiatan pembelajarannya melalui grup Whattsapp dengan membagikan materi berupa tugas seperti menugaskan siswa untuk mempelajari dan mengerjakan soal sekian dan pengumpulan tugas dilakukan seminggu sekali yaitu pada hari senin saja dan tidak menggunakan media zoom yang sudah digunakan banyak sekolah pada saat itu. Serta hasil belajar siswa juga bisa dikatakan masih pada nilai rata-rata atau KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian survei merupakan bentuk penelitian yang mengemukakan informasi mengenai ciri-ciri dan Tindakan dari responden yang telah di tafsir sebagai populasi dalam penelitian”. Penggunaan angket dalam penelitian survei juga merupakan proses dalam memperoleh data dengan cara menyebarkan angket ke wilayah luas untuk mengetahi pendapat responden dari pertanyaan atau pernyataan yang tertulis dalam angket Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ceramah berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa pasa pembelajaran tematik kelas V SD Kecamatan Bojongsoang. Dilihat dari hasil ditemukan bahwa pemahaman awal guru yang menggunakan metode Non-ceremah sebesar 8,82 dengan kategori rendah, nilai proses pembelajaran yang menggunakan metode Non-Ceramah sebesar 25,33 dengan kategori tinggi dan 87,15 dengan kategori tinggi, lalu rata-rata pencapaian hasil belajar siswa sebesar 75,68 dengan persentase kecenderungan pencapaian hasil belajar siswa sebanyak 73 (89%) siswa pencapaian hasil belajarnya tuntas, sedangkan sebanyak 9 (11%) siswa pencapaian hasil belajarnya belum tuntas. Selain itu alasan mengapa metode ceramah lebih unggul dapat dilihat pada persentase kecenderungan pencapaian proses dan hasil belajar siswa yang sudah menggunakan metode ceramah lebih tinggi dibandingkan yang belum menggunakan metode ceramah dengan persentase sebesar 93% 87%.Metode ceramah lebih unggul dapat dilihat pada persentase kecenderungan pencapaian proses dan hasil belajar siswa yang sudah menggunakan metode ceramah lebih tinggi dibandingkan yang belum menggunakan metode ceramah dengan persentase sebesar 93% 87%. Kata Kunci: Metode Ceramah, Proses pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:49
Last Modified: 17 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63445

Actions (login required)

View Item View Item