EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (ADMINDUK) MELALUI TANDA TANGAN ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI

Gunawan, Muhammad Syahrul (2023) EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (ADMINDUK) MELALUI TANDA TANGAN ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi adalah Pelaksana Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam bidang Pendaftaran dan Pencatatan Penduduk yang memiliki tugas utama untuk Membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan dan Pembangunan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan ketentuan dan perundang￾undangan yang berlaku. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sukabumi diperoleh beberapa permasalahan mengenai efektivitas waktu pada saat proses pembuatan dan pencetakan dokumen kependudukan yang pada saat itu bersifat lambat karena masih menggunakan tanda tangan manual. Dengan demikian penerapan tanda tangan elektronik menjadi salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. Dengan pendekatan Kualitatif yaitu berusaha menggambarkan suatu gejala sosial secara deskriptif. Metode kualitatif ini memberikan informasi sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu serta lebih banyak dapat di terapkan pada berbagai masalah dan merupakan penggambaran dari sebuah fenomena yang peneliti lihat saat melakukan wawancara dan observasi pada Dinas yang peneliti lihat. Efektivitas adalah suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki. Kalau seseorang melakukan perbuatan dengan maksud tertentu atau mempunyai maksud sebagaimana yang dikehendaki, maka orang tersebut dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa efektivitas pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui tanda tangan elektronik di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi dapat dikatakan sudah cukup efektif, karena lebih unggul dalam efisiensi waktu dibanding dengan menggunakan tanda tangan manual. Sehingga proses pelayanan dapat berjalan dengan cepat, karena tanda tangan sudah melakukan proses digitalisasi ke komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:13
Last Modified: 17 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63412

Actions (login required)

View Item View Item