PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

SHOLIHIN, MUHAMMAD FADLLI, 185050027 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover warna.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada model Discovery Learning; (2) Mengetahui kemandirian belajar siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom lebih baik daripada model Discovery Learning; (3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan design penelitian non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 35 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes uraian kemampuan literasi matematis dan angket kemandirian belajar. Data yang terkumpul diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada model Discovery Learning; (2) Kemandirian belajar siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom lebih baik daripada model Discovery Learning; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui model Problem Based Instruction berbantuan Google Classroom; Kata Kunci : Problem Based Instruction, Google Classroom, Kemampuan Literasi Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:40
Last Modified: 11 Apr 2023 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63149

Actions (login required)

View Item View Item