PENGARUH METODE TANYA JAWAB DENGAN TEKNIK PROBINGPROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil MA Baitul Arqom Pacet Tahun Ajaran 2022/2023)

Nabilla, Alivia Yepti (2023) PENGARUH METODE TANYA JAWAB DENGAN TEKNIK PROBINGPROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil MA Baitul Arqom Pacet Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KAVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran tanya jawab dengan teknik probing-prompting; (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi sebelum dan setelah menggunakan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting; (3) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi sebelum dan setelah menggunakan metode diskusi; (4) mengetahui perbedaan kemampuan bepikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (5) mengetahui Seberapa besar pengaruh metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimental semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Baitul Arqom Pacet. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal esai. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterlaksanaan metode pembelajaran tanya jawab dengan teknik probing-prompting saat kegiatan pembelajaran berlangsung tercipta komunikasi dan interaksi yang baik antar peserta didik. Hal ini menjadikan suasana kelas menjadi lebih efektif, aktif dan kondusif. (2) kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 1 MA Baitul Arqom Pacet sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 27,8 sedangkan setelah diberikannya perlakuan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting mendapat nilai rata-rata 78,0. (3) kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 MA Baitul Arqom Pacet sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 26,2 sedangkan setelah diberikannya perlakuan metode diskusi mendapat nilai rata-rata 72,4.(4) peningkatan dari perolehan kedua kelas memiliki perbedaan yang cukup menonjol, dan kelas yang memperoleh hasil terbaik adalah kelas eksperimen dengan rata-rata peningkatan 0,69 sedangkan kelas kontrol 0,62. (5) terjadi peningkatan nilai rata-rata pada tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 50,20%, selain itu dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yang memperoleh n 69,7015 atau 69,70% untuk kelas eksperimen yang artinya pemberian perlakuan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab dengan Teknik Probing-Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:16
Last Modified: 06 Apr 2023 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63017

Actions (login required)

View Item View Item