Nabilla, Alivia Yepti (2023) PENGARUH METODE TANYA JAWAB DENGAN TEKNIK PROBINGPROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil MA Baitul Arqom Pacet Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
KAVER.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran tanya jawab dengan teknik probing-prompting; (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi sebelum dan setelah menggunakan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting; (3) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi sebelum dan setelah menggunakan metode diskusi; (4) mengetahui perbedaan kemampuan bepikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (5) mengetahui Seberapa besar pengaruh metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA Baitul Arqom Pacet pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimental semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Baitul Arqom Pacet. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal esai. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterlaksanaan metode pembelajaran tanya jawab dengan teknik probing-prompting saat kegiatan pembelajaran berlangsung tercipta komunikasi dan interaksi yang baik antar peserta didik. Hal ini menjadikan suasana kelas menjadi lebih efektif, aktif dan kondusif. (2) kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 1 MA Baitul Arqom Pacet sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 27,8 sedangkan setelah diberikannya perlakuan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting mendapat nilai rata-rata 78,0. (3) kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 MA Baitul Arqom Pacet sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 26,2 sedangkan setelah diberikannya perlakuan metode diskusi mendapat nilai rata-rata 72,4.(4) peningkatan dari perolehan kedua kelas memiliki perbedaan yang cukup menonjol, dan kelas yang memperoleh hasil terbaik adalah kelas eksperimen dengan rata-rata peningkatan 0,69 sedangkan kelas kontrol 0,62. (5) terjadi peningkatan nilai rata-rata pada tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 50,20%, selain itu dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yang memperoleh n 69,7015 atau 69,70% untuk kelas eksperimen yang artinya pemberian perlakuan metode tanya jawab dengan teknik probing-prompting berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab dengan Teknik Probing-Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63017 |
Actions (login required)
View Item |