PESAN MORAL DALAM LIRIK LAGU BANGTAN SONYEONDAN (Studi Analisis Semiotika Roland R. Barthes dalam Butter: Permission to Dance)

AULIA, SALMA HUDA (2023) PESAN MORAL DALAM LIRIK LAGU BANGTAN SONYEONDAN (Studi Analisis Semiotika Roland R. Barthes dalam Butter: Permission to Dance). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PESAN MORAL DALAM LIRIK LAGU BANGTAN SONYEONDAN (Studi Analisis Semiotika Roland R. Barthes dalam Butter: Permission To Dance)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos pada lirik lagu BTS Permission to Dance. Sehingga dapat diketahui pesan moral yang terkandung pada lirik lagu tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara sehingga makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan moral yang ingin disampaikan dalam lirik lagu Permission to Dance diketahui. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan secara beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan makna denotasi, konotasi serta mitos dalam lirik lagu Permission to Dance. Makna denotasinya adalah dampak yang diakibatkan adanya pandemi covid, kebebasan bermimpi, kebebasan dalam berkehidupan. Makna konotasinya adalah hampir seluruh bait dalam lirik lagunya merupakan makna konotasi, beberapa bait lagu memiliki makna tersirat harapan dan motivasi dalam menjalani hidup, tidak perlu mengkhawatirkan ucapan orang lain, tidak perlu izin dari orang lain. Mitos yang terdapat dalam lirik lagu ini adalah sesama manusia harus saling menghargai, memberikan kebebasan bagi siapa saja untuk bersenang-senang dalam hidup, kebebasan dalam hidup. Pesan moral yang terkandung dalam lirik lagu ini adalah menghargai satu sama lain, tidak patah semangat, juga memberikan kebebasan kepada siapa saja untuk menjalani kehidupan. Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, Lirik Lagu, BTS, Permission to Dance

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:12
Last Modified: 06 Apr 2023 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62992

Actions (login required)

View Item View Item