Iskandar, Muhammad Rizqi Rahman (2023) ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA PERUSAHAAN KERUDUNG HAMIDAH SCARF BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Hamidah Scarf merupakan bidang usaha yang bergerak di industri fashion terutama usaha kerudung. Hamidah Scarf memulai usahanya pada tahun 2002, bermula dari produksi penutup penanak nasi, roni chaniago dan bapa roni mentransformasi bisnisnya ini ke bidang kerudung. peneliti mengobservasi bahwa Hamidah Scarf Bandung belum menyelaraskan fungsi antar elemen yang harmoni seperti SDM yang cepat tanggap dalam menghadapi keluhan konsumen, belum memaksimalkan Value Prepositions produk yang ada, dan belum memaksimalkan media Channels yang ada, hanya sebatas penggunaan media sosial saja. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui seperti apa gambaran umum model bisnis yang ada saat ini melalui pendekatan Business Model Canvas, lalu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman melalui analisis SWOT. Model penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi concurrent embedded. pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi non-partisipan, wawancara, dokumen, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analysis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui proses pengumpulan data, penyajian data, conclusion drawing/verification, dan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa gambaran model bisnis Hamidah Scarf Bandung dengan pendekatan Business Model Canvas secara garis besar sudah diterapkan karena sudah memenuhi kesembilan elemen blok bangunan serta berdasarkan hasil evaluasi menggunakan analisis SWOT menghasilkan desain Business Model Canvas dengan adanya modifikasi penambahan pada elemen blok bangunan. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain menambah inovasi dalam setiap aspek blok bangunan Business Model Canvas meliputi; kemasan, menambah produk baru, membuka jaringan baru, menambah mitra diluar negeri, inovasi produk, membuat rencana anggaran, menambah produk lain dan menyasar customer engagement yang lebih luas. Selanjutnya dalam pemilihan strategi dapat menimbangkan stability strategy. strategi yang diterapkan tanpa mengubah arah strategi yang telah ditetapkan. Strategi berdiam diri mungkin tepat untuk dijadikan sebagai strategi sementara yang memungkinkan bagi perusahaan untuk menggabungkan semua sumber daya yang dimilikinya setelah mengalami pertumbuhan yang cepat dari suatu industri yang kemudian menghadapi suatu masa depan yang tidak pasti. Kata Kunci : Business Model Canvas, Analisis SWOT
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 02:00 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 02:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62979 |
Actions (login required)
View Item |