PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SD Kartika X-3 Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat)

AISYATUN, ANNISA, 185060010 (2023) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SD Kartika X-3 Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 . BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat baca dan kesulitan peserta didik dalam memahami teks bacaan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan metode survey, question, read, recite, and review (SQ3R) pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Kartika X-3 Parongpong Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Kartika X-3 Parongpong yang berjumlah 3 kelas, dan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 72 orang dari dua kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi didik dan dokumentasi. Tes terdiri dari pretes dan postes serta lembar observasi berupa aktivitas guru dan peserta didik yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa: (1) proses pembelajaran pada kedua kelas berjalan dengan lancar dan baik, pada kelas yang menggunakan metode SQ3R peserta didik menjadi lebih paham isi bacaan serta mampu memecahkan masalah sedangkan pada kelas yang menggunakan metode konvensional ceramah peserta didik masih terlihat pasif dan sulit untuk memahami isi dari bacaan. (2) hasil rata-rata pretes ke postes peserta didik kelas eksperimen yang awalnya sebesar 48,33 menjadi 85,97 dan rata-rata pretes ke postes peserta didik kelas kontrol yang awalnya sebesar 42,36 menjadi 80,83. Pada uji hipotesis dengan uji T didapatkan niali sebesar 0,015. Berdasarkan ketentuan yang berlaku hasil uji 0,015 < 0,05, yang artinya kurang dari 0,05. (3) hasil uji N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,73 pada kelas eksperimen dan 0,67 pada kelas kontrol. (4) penggunaan metode SQ3R memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV sekolah dasar. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan membaca pemahaman di kelas eksperimen yang menggunakan metode SQ3R lebih tinggi atau berpengaruh dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional ceramah. Kata kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R, Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:46
Last Modified: 04 Apr 2023 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62944

Actions (login required)

View Item View Item