UPAYA PEMERINTAH INDONESIA BERSAMA UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PENANGANAN LONJAKAN PENGUNGSI AFGHANISTAN YANG TRANSIT DI INDONESIA

Istigfari, Yusrin Rizqi (2023) UPAYA PEMERINTAH INDONESIA BERSAMA UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM PENANGANAN LONJAKAN PENGUNGSI AFGHANISTAN YANG TRANSIT DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - SKRIPSI.docx

Download (28kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR - SKRIPSI.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
COVER - SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK - SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II - SKRIPSI.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB I - SKRIPSI.docx

Download (31kB)

Abstract

Lonjakan pengungsi di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, penelitian ini mengamati sudah sejauh mana upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia terhadap lonjakan pengungsi Afghanistan yang transit dalam pemenuhan Hak Asasi Manusia, Indonesia meskipun bukan sebagai salah satu negara yang ikut meratifikasi konvensi tentang pengungsi namun tetap memiliki kewajiban untuk memelihara dan memberikan perlindungan kepada pengungsi dengan alasan kemanusiaan. Selain upaya yang dilakukan oleh Indonesia terhadap pemenuhan hak para pengungsi, UNHCR juga bertanggung jawab dalam proses pengiriman para pengungsi ke negara penerima dan juga usahanya dalam pengembangan instrumen hukum internasional untuk kepentingan para pengungsi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauh mana komitmen Indonesia dan UNHCR dalam menangani tantangan yang dihadapi pengungsi dan para pencari suaka khususnya yang berada di Indonesia; 2) mencari tahu apakah upaya yang dilakukan oleh Indonesia dan UNHCR sesuai dengan kebijakan yang ada, terkait pemberian perlindungan dan juga pemenuhan kebutuhan dasar para pengungsi dan pencari suaka; 3) Mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah Indonesia yang tidak meratifikasi Konvensi Pengungsi 1951 dalam menangani pengungsi dan pencari suaka di Indonesia; 4) Mengetahui sejauh mana tanggung jawab UNHCR terhadap penanganan atas meningkatnya pengungsi dan pencari suaka yang transit di Indonesia dari tahun ke tahun. Dalam menjelaskan penelitian ini, penulis menggunakan paradigma Liberalisme. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka penanganan pengungsi luar negeri, Indonesia telah menerapkan Perpres Nomor 125 Tahun 2016. Kerjasama UNHCR dengan pemerintah Indonesia terjalin untuk memproses pengungsi mulai dari proses penemuan sampai pendataan oleh UNHCR. Terdapat hambatan dalam pelaksanaan penanganan pengungsi afganistan di Indonesia, yakni pada status dan data pengungsi, penempatan ke negara penerima pengungsi, masalah sosial, anggaran, dan koordinasi antar instansi. Kata Kunci : UNHCR, Indonesia, Upaya, Pengungsi, HAM, Afghanistan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:24
Last Modified: 17 Mar 2023 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62655

Actions (login required)

View Item View Item